Minggu, 26 September 2010

TUGAS INSTRUMENTASI BAB 1 (HAL 11 – 15)

TUGAS INSTRUMENTASI BAB 1 (HAL 11 – 15)
Keadaan instrumentasi pada diagram arus
Macam simbol instrument
            Sinyal undefined
                                                       Sinyal pneumatic
                                    Sinyal elektrik
                                     Pipa Kapiler
                                    Sinyal hidrolik

Gambar 1.7
Mount lokal
Mount  papan ruang pengendali
Mount papan ruang pengendali belakang
Gambar 1.8
 
Lubang pelat                                                                        Venturi atau alat pemercik


Magnetik                                                                    Rotamater


      Klep pengendali
Gambar 1.9

1.6       Pengaruh Kriteria Seleksi
1.6.1    Keuntungan
Luas Jarak Operasi
Kecocokan operasi tidak hanya menentukan kesesuaian perangkat untuk aplikasi tertentu, tetapi bisa dipilih untuk berbagai aplikasi. Hal ini dapat mengurangi persediaan dalam pabrik sebagai jumlah sensor dan penurunan model. Ini juga meningkatkan sistem sebagai peralatan dapat dipertukarkan sebagai tiap kebutuhan.
Meningkatnya sistem jarak peralatan operasi memberikan lebih besar dan batas bawah perlindungan, harus melakukan proses di luar spesifikasi.
Melebarkan jarak operasi dari sensor peralatan mungkin dengan mengorbankan resolusi. Tindakan pencegahan perlu dilakukan ketika mengubah jarak yang ada peralatan. Dalam kasus sistem pengendali, dinamika antena pengendali dapat dibuat-buat.

Reaksi Cepat
Dengan reaksi yang cepat, keterlambatan tidak ditambahkan ke dalam sistem.Dalam kasus pengendali, kelambatan dapat mengumpulkan dengan berbagai komponen pengendali dan hasil tidak baik atau pengendali lambat dari proses. Dalam aplikasi titik atau mengkhawatirkan, cepat kecepatan dari reaksi dapat membantu dalam memicu prosedur keselamatan atau shutdown yang dapat mengurangi jumlah kegagalan peralatan atau produk hilang.
Seringkali reaksi yang cepat itu mencapai dengan mengorbankan perlindungan mekanis transduser elemen.

Potensi Sensitivitas
Memperbaiki sensitivitas dari perangkat berarti bahwa pengukuran mungkin lebih tepat. Sensitivitas mendefinisikan besarnya perubahan yang terjadi. Tinggi
sensitivitas dalam peralatan pengukur berarti bahwa sinyal mudah dibaca oleh pengendali atau peralatan lainnya.


Akurasi Tinggi
Ini mungkin salah satu kriteria seleksi yang paling penting. Ketelitian menentukan kesesuaian dari peralatan pengukuran ke aplikasi, dan sering  ketrampilan tidak  dengan biaya.
Tinggi ketelitian  berarti mengurangi kesalahan dalam pengukuran; ini juga dapat meningkatkan integritas dan pelaksanaan sistem.

Tinggi di atas jarak Perlindungan
Ini  merupakan keterbatasan fisik pada perlindungan peralatan. Aplikasi ini dimana kondisi operasi tidak jelas atau dapat gangguan, adalah praktik yang baik untuk 'mendirikan’ perlindungan cocok untuk peralatan pengukuran.
Perlindungan diatas jarak tinggi berbeda untuk memiliki berbagai operasional yang luas dalam hal itu tidak mengukur ketika keluar dari jangkauan. Jarak ini tetap kecil untuk memungkinkan cukup resolusi, dengan perlindungan diatas jarak memastikan masa operasi lagi.

Desain sederhana dan Pemeliharaan
Sebuah desain sederhana berarti bahwa ada kurang "bit yang dapat perubahan". Lebih kuat desain umumnya pembuatan sederhana. Pemeliharaan berkurang dengan potongan kurang mengenakan, mengganti atau merakit. Ada juga tabungan dalam waktu yang dibutuhkan untuk melayani, memperbaiki dan mengganti dengan yang terkait prosedur yang disederhanakan.

Biaya
Setiap aplikasi yang membutuhkan solusi pengendali atau interogasi proses informasi yang didorong oleh anggaran. Karena itu tidak mengherankan bahwa biaya adalah kriteria penting seleksi ketika memilih peralatan pengukuran.
Biaya perangkat umumnya meningkat perbaikan arus spesifikasi:
- Akurasi
- Rentang operasi
- Operasi lingkungan (suhu tinggi, tekanan dll)
Teknologi yang digunakan dan bahan konstruksi lakukan mempengaruhi biaya, tetapi umumnya dipilih berdasarkan peningkatan kriteria seleksi yang lain (biasanya yang tercantum di atas).

Keterulangan
Repeatabilitas baik  memastikan pengukuran bervariasi sesuai dengan proses perubahan dan tidak karena keterbatasan peralatan. Kesalahan masih bisa terulang di pengukuran, yang didefinisikan oleh ketelitiannya. Namun pengendali yang lebih ketat masih mungkin karena variasi diminimalkan dan kesalahan dapat diatasi dengan berkas mati.

Ukuran
Sebagian besar menggunakan aplikasi ukuran perlengkapan secara rinci  dan memakai biaya.
Perlengkapan kecil memiliki keuntungan tambahan dari:
- Dapat ditempatkan di ruang rapat
- Terbatas halangan untuk proses
- Lokasi sangat akurat pengukuran yang dibutuhkan (titik pengukuran)
Perangkat besar memiliki keuntungan tambahan dari:
- Area pengukuran

Stabil
Jika perlengkapan arus atau kehilangan kalibrasi dari waktu ke waktu maka itu dianggap tidak stabil. Penyimpangan dapat  terjadi batas waktu berakhir atau pada operasi mengulang perlengkapan. Dalam termokopel, telah terbukti bahwa arus lebih bahaya saat termokopel yang bervariasi atas luas jarak cukup sering, biasanya dalam pembakaran yang berulang kali dipanaskan pada suhu tinggi dari suhu lingkungan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar