Sabtu, 13 November 2010

BAB 3 halaman 42 - 52


1. Probe tanpa tabung tanah:
- Untuk cairan konduktif
- Untuk cairan viskositas tinggi
- Untuk padatan massal
2. Probe dengan tabung ditumbuk:
- Untuk cairan non-konduktif
- Untuk digunakan dalam kapal agitator
3. Probe dengan skrining:
- Untuk nosel panjang
- Untuk kondensasi di atap kapal
- Untuk membangun-up di dinding kapal
4. Probe dengan skrining sepenuhnya terisolasi
- Ekstra proteksi terutama untuk bahan korosif
5. Probe dengan kompensasi aktif membangun-up untuk deteksi batas
- Untuk konduktif build-up pada probe
6. Probe dengan kelenjar gas ketat
- Untuk tangki gas cair (jika diperlukan)
- Mencegah kondensasi membentuk di probe di bawah suhu ekstrim
perubahan
7. Probe dengan suhu spacer
- Untuk suhu operasi yang lebih tinggi 
 
Teknik Instalasi
Dalam prakteknya pengukuran tingkat kapasitif, kapasitor terbentuk dari dinding kapal, dan terisolasi probe dipasang pada dinding. Dalam kasus non-konduktif dinding (misalnya beton bertulang) tulangan besi tersebut cukup untuk bertindak sebagai satu piring dari kapasitor. Untuk tank plastik, pipa logam atau pemanggang ditempatkan di sekitar probe atau bahkan strip logam ditempatkan di luar tangki dapat digunakan.
Dalam merancang suatu sistem pengukuran kapasitif, tiga area utama untuk dipertimbangkan
adalah Mount, Permukaan dan Jarak. 

Mount:
Nozel digunakan dalam pemasangan probe. Ini sering memiliki flensa dan membutuhkan perawatan untuk diambil untuk memastikan sedimen yang tidak dapat membangun-up dalam rongga sekitar flange. Kemungkinan endapan yang disimpan di nozzle tinggi. Hal ini juga persis mana probe paling sensitif, karena daerah terdekat antara probe dan kapal.

Kondensasi juga masalah dan dapat terjadi di rongga hampir sama seperti kontaminan yang telah disebutkan.

Kontaminasi nosel dapat dihindari dengan memproyeksikan probe ke dalam kapal. Salah satu metode yang umum adalah untuk mengganti sambungan tabung dengan soket berulir, yang dilas langsung ke dinding kapal. Konektor sekrup pada probe cocok langsung ke ini, dan probe akan proyek langsung ke kapal. Jenis ini pas juga lebih murah.

Cara lain untuk menghindari kontaminasi nosel adalah dengan menggunakan probe yang tidak aktif di sepanjang bagian batang. Dalam kasus-kasus di mana tidak mungkin untuk memodifikasi nozzle yang ada karena tekanan tinggi, maka probe dengan panjang tidak aktif dapat digunakan. Dalam kasus seperti itu, bagian aktif probe dipisahkan dari daerah yang paling rentan terhadap kondensasi atau kontaminasi oleh bagian aktif.

Permukaan:
Perubahan kapasitansi bisa sangat kecil pada aplikasi yang memiliki rendah dielektrik konstan atau probe pendek. Untuk meningkatkan perubahan kapasitansi dan akhirnya sensitivitas perangkat, kapasitansi dapat ditingkatkan. Meningkatkan area permukaan probe adalah cara mudah untuk meningkatkan kapasitansi. Karena permitivitas relatif tinggi mereka, cairan konduktif tidak memerlukan permukaan meningkat daerah.

Jarak:
Perubahan kapasitansi juga dapat ditingkatkan dengan mengurangi jarak antara dua pelat kapasitor. Contoh paling umum dari ini adalah penggunaan tanah yang probe tabung yang menghilangkan situasi non-linear.

Isolasi:
Sekrup-pada bagian bos atau flens dari probe kapasitansi akan selalu terisolasi dari kapal tetapi batang probe itu sendiri dapat berupa penuh atau sebagian terisolasi. Dalam tingkat pengukuran analog, probe sepenuhnya terisolasi selalu digunakan untuk mencegah kapasitif arus pendek. Jika probe sebagian terisolasi digunakan untuk analog pengukuran dalam bahan konduktif, maka pembacaan 100% terjadi ketika bahan konduktif melengkapi rangkaian. Saklar batas tingkat dapat menggunakan kedua probe sepenuhnya terisolasi dan sebagian terisolasi. Sebagian probe terisolasi yang lebih murah dan memberikan perubahan yang lebih besar di kapasitansi. Sekali lagi, untuk cairan konduktif, hanya probe terisolasi sepenuhnya digunakan. Hal ini juga berlaku bahan yang dapat mencemari probe. Tingkat pengukuran Capacitive sangat cocok untuk limit deteksi dan berkesinambungan pengukuran tingkat cairan, pasta dan padatan curah cahaya. Capacitive sistem kerja handal dan akurat dalam suhu ekstrim (baik tinggi dan rendah), tekanan tinggi dan vakum, di mana ada penumpukan bahan, ledakan-daerah berbahaya dan sangat korosif lingkungan.

Aplikasi khas
alat ukur tingkat Capacitive digunakan untuk mendeteksi tingkat dalam silo, tank dan bunker, baik untuk batas deteksi dan pengukuran berkesinambungan. Ini instrumen biasanya digunakan di semua bidang industri dan mampu mengukur cairan serta bahan padat.

Keuntungan
- Sangat cocok untuk cairan dan padatan massal
- Tidak ada bagian yang bergerak
- Cocok untuk media yang sangat korosif

Kekurangan
- Terbatas dalam aplikasi untuk produk perubahan sifat listrik
(Terutama kadar air)

Aplikasi Keterbatasan
Umumnya, sistem kapasitansi tingkat memerlukan kalibrasi setelah instalasi, walaupun memang ada beberapa pengecualian. Mereka terbatas pada aplikasi di mana tingkat busa atau bahan proses lainnya dengan gelembung udara terjadi.

3.10 Kepadatan Pengukuran
Kepadatan didefinisikan sebagai massa per satuan volume. gravitasi spesifik adalah unitless pengukuran. Ini adalah rasio kepadatan suatu zat kepadatan air, pada standar suhu. Istilah ini juga disebut sebagai kepadatan relatif. Pengukuran dan pengendalian kepadatan cairan bisa sangat penting dalam industri proses. Pengukuran Kepadatan memberikan informasi yang berguna tentang komposisi, konsentrasi bahan kimia atau padat dalam suspensi.

Kepadatan dapat diukur dalam sejumlah cara yang sama ke tingkat:
- Tekanan hidrostatis
- Radiasi
- Getaran
- Diferensial tekanan
Coriolis flowmeter massa juga mampu melakukan pengukuran kepadatan.

3.10.1 Hidrostatik Tekanan
Jenis pengukuran kepadatan bergantung pada ketinggian konstan cair dan langkah-langkah perbedaan tekanan. Sejak tingkat dapat bervariasi, prinsip operasi bekerja pada perbedaan tekanan antara dua elevasi tetap di bawah permukaan. Karena ketinggian antara kedua titik tidak berubah, setiap perubahan dalam tekanan adalah karena variasi kepadatan. Jarak antara titik-titik ini adalah sama dengan perbedaan tekanan kepala cair antara elevasi. Tetap ketinggian cairan untuk pengukuran kepadatan.

3.10.2 Radiasi
Kepadatan pengukuran radiasi didasarkan pada peningkatan penyerapan gamma radiasi untuk peningkatan berat jenis material yang sedang diukur. Komponen utama dari sistem seperti ini adalah sumber gamma konstan (biasanya radium) dan detektor. Variasi radiasi melewati volume tetap mengalir cair diubah menjadi sinyal listrik proporsional oleh detektor.
Jenis pengukuran sering digunakan dalam pengerukan dimana kepadatan lumpur menunjukkan efektivitas kapal pengerukan.

3.10.3 Getaran
Damping dari objek bergetar dalam cairan yang akan meningkat dengan densitas dari fluida meningkat. Sebuah objek bergetar dari sumber energi eksternal. Objek mungkin sebuah buluh tenggelam atau piring.
Kepadatan diukur dari salah satu dari dua prosedur:
1 Perubahan frekuensi getaran alami dapat diukur ketika objek adalah energi konstan.
2 Perubahan amplitudo getaran dapat diukur ketika objek menyerang secara berkala, seperti lonceng.

3.10.4 Tekanan Diferensial
tank tingkat Konstan overflow yang paling sederhana untuk mengukur karena hanya satu diferensial pemancar tekanan diperlukan. Namun aplikasi dengan tingkat atau tekanan statis variasi membutuhkan kompensasi. Dalam sebuah tangki terbuka atau tertutup dengan tingkat bervariasi atau tekanan, kaki basah bisa diisi dengan cairan segel lebih berat daripada proses cair.


Suhu Efek
Peningkatan suhu menyebabkan ekspansi cairan, mengubah kepadatannya. Tidak semua
cairan berkembang pada tingkat yang sama. Sebuah pengukuran berat jenis harus diperbaiki untuk efek temperatur agar benar-benar akurat dalam kerangka acuan kondisi kerapatan dan konsentrasi, meskipun dalam kebanyakan kasus ini tidak praktis.Dalam aplikasi di mana berat jenis adalah sangat penting, adalah mungkin untuk mengendalikan suhu ke nilai konstan. Koreksi yang diperlukan untuk dasar suhu kemudian dapat dimasukkan dalam kalibrasi instrumen kepadatan.

3.11 Instalasi Pertimbangan
Atmosfer Kapal
Kebanyakan instrumen yang terlibat dengan deteksi level bisa dengan mudah dikeluarkan dari kapal. Top pemasangan perangkat penginderaan juga menghilangkan kemungkinan proses cairan memasuki perumahan transduser atau sensor seharusnya menimbulkan korosi atau probe atau nosel terdiam.

Banyak tingkat pengukuran perangkat memiliki keuntungan tambahan yang mereka dapat
diukur secara manual. Ini menyediakan dua faktor penting:
- Pengukuran masih mungkin dalam hal kegagalan peralatan
- Kalibrasi dan cek point dapat menyediakan informasi operasional penting

Salah satu kriteria instalasi umum untuk alat deteksi titik adalah bahwa mereka harus dipasang pada tingkat aktuasi, mempresentasikan masalah aksesibilitas.
Pressurised Kapal Dua pertimbangan utama berlaku dengan perangkat pengukuran tingkat di bertekanan kapal:
- Fasilitas untuk melepas dan memasangnya saat kapal tersebut bertekanan.
- Peringkat tekanan dari peralatan untuk layanan ini.

Kapal Pressurised juga dapat digunakan untuk mencegah emisi buronan, di mana gas inertseperti hidrogen pressurises bahan proses. Kompensasi dalam tingkat perangkat harus juga diperhitungkan sebagai perubahan tekanan kepala. Keakuratan alat pengukur dapat tergantung pada hal berikut:
- Gravitasi variasi
- Suhu efek
- Konstanta dielektrik

Juga kehadiran busa, uap atau buih menumpuk di transduser mempengaruhi
kinerja.

3.12 Dampak terhadap Loop Control Keseluruhan
Tingkat peralatan penginderaan umumnya cepat merespons, dan dalam hal otomatis
kendali kontinyu, tidak menambahkan banyak lag ke sistem. Ini adalah praktik yang baik meskipun, untuk mencakup batas beralih tinggi dan rendah ke kontrol sistem. Jika instrumen yang tidak gagal atau keluar dari kalibrasi, maka proses informasi dapat diperoleh dari batas tinggi dan rendah. Terlepas dari keras kabel sirkuit keselamatan, itu adalah praktik yang baik untuk menggabungkan informasi ini ke kontrol sistem.


Teknologi Masa Depan 3.14
Biaya peralatan penginderaan bukan merupakan pertimbangan utama dibandingkan dengan ekonomi untuk mengendalikan proses. Ada karena itu permintaan untuk di tingkat akurasi peralatan pengukur Model baru menggabungkan sarana yang lebih baik kompensasi, namun belum tentu baru teknologi. Misalnya, memasukkan detektor kompensasi temperatur di penginderaan tekanan diafragma memberikan kompensasi dan bertindak alternatif untuk remote tekanan segel. Hal ini menjamin ketepatan dan stabilitas pengukuran. Tuntutan yang lebih besar dalam efisiensi pabrik mungkin memerlukan peningkatan akurasi perangkat, bukan hanya untuk pengukuran yang sebenarnya, tetapi juga untuk meningkatkan jangkauan operasi. Jika batas keselamatan yang ditetapkan sebesar 90% karena ketidakakuratan dengan perangkat penginderaan, maka kisaran meningkat dapat dicapai dengan menggunakan peralatan yang lebih akurat Tuntutan juga dikenakan pada proses agar sesuai dengan peraturan lingkungan. Akuntansi akurat bahan membantu mencapai hal ini. Seperti teknologi sebagai RF ultrasonik masuk atau meminimalkan biaya kepatuhan lingkungan ini. Masalah terjadi pada mencoba merasakan tingkat kapal yang ada yang mungkin non-logam. Sensor RF kabel fleksibel memiliki unsur tanah yang tidak terpisahkan yang menghilangkan kebutuhan untuk referensi tanah eksternal ketika menggunakan sensor untuk mengukur tingkat memproses bahan dalam pembuluh nonlogam.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar